Senin, 26 November 2007

Combro?? Makanan Malaysia atau Indonesia


Melihat negara tetangga yang sedang giat-giatnya mencari dan membentuk kultur nya, combro yang hampir setiap pagi saya nikmati (kecuali Sabtu dan Minggu) dapat kehilangan nikmatnya. Mungkin bagi beberapa orang (dan Menteri) menganggap beberapa manifestasi budaya Indonesia yang paten kan oleh negara tetangga adalah hal sepele, akan tetapi bagi saya sangatlah berpengaruh. Terutama apabila dikaitkan dengan subjek diatas.

Combro selama ini yang saya kenal adalah makanan khas sunda, dan pertama kali saya kenal dari orang tua saya. Sebagai orang Sunda orang tua kami (terutama Ibu saya) secara konsisten mengenalkan konsep Sunda kepada keluarga kami. Mulai dari Bahasa Sunda, sampai kepada makanannya. Hal ini mungkin dirasakan orang tua saya karena sejak kecil kami tidak pernah tinggal di tanah Sunda.

Buat saya pribadi (sebagai orang Sunda), sensasi combro tidak saja karena memang rasanya yang lezat, tetapi karena originalitasnya sebagai identitas Sunda. Jadi apabila combro dinyatakan sebagai makanan khas Malaysia, kelezatan combro akan sama rasanya dengan roti....

Lebih luas dari combro sebagai topik utama diatas, mungkinkah ada sentimen-sentimen seperti yang lebih besar terjadi dimasa yang akan datang??

1 komentar:

David Oktaviandi mengatakan...

Mas Joey....combronya tambahin lada ya....